Pengantar Teknologi Internet dan New Media


1.   Pengantar Teknologi Internet dan New Media.
Apa itu Pengantar Teknologi Internet dan New Media. Saya akan membahas satu persatu dari kata – kata itu. Pertama adalah “Teknologi”, teknologi merupakan ungkapan dari suatu cara dalam mencapai tujuan yang lebih praktis, mudah, cepat, efektif dan se-efesien mungkin dibandingkan dengan cara primitive. Jadi, teknologi membantu manusia dalam menjalani kelangsungan hidupnya. Kedua adalah “Internet”, internet kepanjangan dari Interconnected networking dalam bahasa Indonesia berarti “hubungan dalam beberapa jaringan kerja”. Internet sendiri merupakan jaringan kerja bersistem global(dunia) dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dengan penggunaan standar internet protocol suite (TCP/IP). Dengan ini para pengguna internet bisa berbagi informasi satu sama lain baik berbagi teks, gambar, audio, video, dll dengan mudah.
Selanjutnya “New  Media”, New Media merupakan perluasan kata dari Traditional Media. Media digunakan untuk menyebarkan informasi ke masyarakat tentang hal – hal/peristiwa apa saja yang sedang terjadi saat – saat ini. Yang membedakan New Media dengan Traditional Media adalah pen-digitalisasi konten ke dalam bit. Contohnya, New Media mengulurkan kemungkinan On-demand akses ke konten kapan saja, dimana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik dari pengguna yang interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan komunitas di sekitar konten media.
Dapat disimpulkan Pengantar Teknologi Internet dan New Media adalah penggunaan teknologi modern yang lebih praktis, cepat dan efektif dengan menggunakan internet dalam pendistribusian sebuah media. Dengan begitu media apapun bisa dengan mudah disebarkan ke hal layak ramai.
2.    Definisi Pengantar Teknologi Internet dan New Media.
Konsep dasar dari New Media adalah suatu media baru dimana media tersebut dapat digunakan sebagai perantara antara perangkat digital dengan manusia. Hal ini secara otomatis dapat membuat kita menjadi lebih interaktif dalam melakukan suatu interaksi sosial dengan manusia lainnya. New Media dapat diartikan sebagai suatu media sosial yang mempermudah seseorang untuk menerima atau memberi suatu informasi. Teknologi yang paling digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, sering memiliki karakteristik yang dimanipulasi melalui jaringan, padat, kompresibel, dan interaktif. Contoh dari macam – macam New Media dapat berupa Blog, Website, Situs Jejaring Sosial, Email, penggunaan aplikasi komunikasi (Line, Path, Whats’ App, Black Berry Messangger) dll. yang dapat digunakan untuk berinteraksi secara digital.
3.    Pandangan New Media
New Media merupakan sarana media baru yang digunakan untuk melakukan interaksi sosial, percakapan, menyebarkan informasi kepada manusia lainnya dengan menggunakan berbagai macam alat digital.  Smartphone juga bisa dikatakan sebagai perangkat keras New Media selain komputer PC. Pengguna Smart Phone dan PC jelas bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dibandingkan dengan pengguna ponsel biasa yang hanya bisa melakukan komunikasi 2 arah saja, dimana dengan smartphone dan dengan bantuan koneksi dari internet. Kita dapat lebih mengetahui berbagai informasi terbaru yang beredar saat ini.
4.    Komponen New Media
Komponen dari New Media yaitu : Handphine, Internet dan Komputer. Komputer sebagai komponen New Media karena kita membutuhkan alat untuk mengakses jaringan dalam artian internet. Smartphone bisa dijadikan sebagai komponen New Media juga karena kita dapat mengakses beberapa situs jejaring sosial layaknya penggunaan PC dengan bantuan Internet. Internet dijadikan sebagai New Media karena kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun, kapanpun kita berada. Karena internetlah kita dapat melakukannya sementara PC dan Smartphone hanya tool-nya atau alatnya.
            Ketiga komponen itu tidak dapat saling dipisahkan, antara Smartphone/komputer dengan internet. Ketiganya saling berkaitan, dimana kita mengakses internet menggunakan Smartphone ataupun komputer.
5.    Manfaat New Media
Dengan adanya teknologi New Media sangat jelas dirasakan bagi kita, manusia yang pada hakikatnya sebagai mahluk sosial untuk mendapatkan berbagai macam informasi dan melakukan interaksi. New Media tidak membatasi sumber daya, dan tidak membatasi adanya pengalaman interaktif. Saya pribadi sebagai pengguna New Media merasakan banyak sekali manfaat yang didapat. Contohnya kita dapat bertukar informasi yang kita belum tahu atau berbagai informasi dengan orang lain. Berikut manfaat – manfaat yang kita dapat dengan menggunakan New Media.
a.    Globalisasi dan media baru
Munculnya media baru telah meningkatkan komunikasi antara manusia di seluruh dunia. Hal ini terbukti dengan fakta bahwa new media telah memungkinkan setiap orang untuk mengekspresikan diri melalui blog, website, gambar, dan user-generated media lainnya yang kemudian dapat diakses oleh pengguna sarana new media lainnya secara global. 
b.    Sebagai alat untuk perubahan sosial
New Media sebagai sebuah wadah atau sebagai alat untuk para aktivis dalam menyampaikan aspirasinya yang bersifat atraktif, mengajak, sesuatu tentang sindiran, pergerakkan atau perubahan, seni, yang kemudian akan menimbulkan sebuah perubahan sosial atau gejolak dalam kalangan masyarakat luas. Mereka biasanya menggunakan sarana website, blog, dan video online untuk menunjukkan efektivitas dari gerakan itu sendiri.
c.    Keamanan nasional
New Media juga baru-baru ini menjadi "sasaran" menarik bagi para komunitas spionase global karena mudah diakses secara elektronik dalam format database dan dapat diambil dengan cepat yang kemudian mungkin akan direkayasa oleh pemerintah nasional untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sebuah situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, merupakan dua situs yang menarik bagi para komunitas spionase, karena setiap orang bebas mengungkapkan informasi pribadi yang kemudian dapat disaring dan diarsipkan untuk melakukan pengecekkan keamanan nasional.
d.    Interaktifitas dan media baru
Interaktifitas telah menjadi istilah untuk sejumlah media baru dalam menggunakan pilihan yang berkembang mulai dari penyebaran cepat jalur akses Internet, hingga digitalisasi media dan konvergensi media. Pada tahun 1984, Rice didefinisikan sebagai media baru teknologi komunikasi yang memungkinkan atau memfasilitasi pengguna-untuk-pengguna interaktifitas dan interaktifitas antara pengguna dan informasi. New Media akan mengalami perubahan secara terus menerus karena berbagai faktor seperti selalu diubah dan didefinisikan ulang oleh interaksi antara pengguna itu sendiri, munculnya teknologi baru yang berkembang, perubahan budaya, dll
6.    Aplikasi – aplikasi New Media
Banyak sekali sekarang ini aplikasi – aplikasi yang dibuat sebagai pengantar New Media. Baik sebagai interaksi maupun penyebaran informasi. Berbagai macam – macam aplikasi tersebut diantaranya.
a.    Facebook
b.    Twitter
c.    Youtube
d.    Wikipedia
e.    Blogger.
f.     Wordpress
g.    Friendster
h.    Line
i.      What’s App
j.      Kakao Talk dll.

7.    Disini saya akan mendefinisikan dari 3 contoh New Media, dimana saya dari fitur dan konten yang ada juga manfaat, kekurangan dan kelebihannya.
1.   Facebook
Facebook adalah jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan teman-temannya. Facebook diluncurkan pada tahun 2004. Media jejaring sosial ini adalah contoh aplikasi yang digunakan untuk berinteraksi dengan manusia lainnya di seluruh dunia seakan tanpa ada batasan geografi. Facebook memungkinkan semua orang dapat terdaftar dan menggunakan media aplikasi ini dengan batasan umur minimal 13 tahun.
2.   Twitter
Twitter adalah sebuah situs web mikroblogging yang memungkinkan penggunannya mengirim atau membaca pesan yang bisa disebut tweets (kicauan). Pesan dalam mikroblogging ini hanya dibatasi 140 karakter untuk tiap penulisannya.
3.   YouTube
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang dapat diakses oleh masyarakat dunia yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal, Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar se besar 43 persen. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik, film, TV serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flashplayer.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arsitektur web dan aplikasi utamanya

Kebudayaan Lembah Indus