Pengantar Teknologi Internet dan New Media
1. Pengantar
Teknologi Internet dan New Media.
Apa itu Pengantar Teknologi Internet dan New Media. Saya
akan membahas satu persatu dari kata – kata itu. Pertama adalah “Teknologi”,
teknologi merupakan ungkapan dari suatu cara dalam mencapai tujuan yang lebih
praktis, mudah, cepat, efektif dan se-efesien mungkin dibandingkan dengan cara
primitive. Jadi, teknologi membantu manusia dalam menjalani kelangsungan
hidupnya. Kedua adalah “Internet”, internet kepanjangan dari Interconnected
networking dalam bahasa Indonesia berarti “hubungan dalam beberapa jaringan
kerja”. Internet sendiri merupakan jaringan kerja bersistem global(dunia) dari
seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dengan penggunaan standar
internet protocol suite (TCP/IP). Dengan ini para pengguna internet bisa
berbagi informasi satu sama lain baik berbagi teks, gambar, audio, video, dll
dengan mudah.
Selanjutnya “New Media”, New Media merupakan perluasan
kata dari Traditional Media. Media digunakan untuk menyebarkan informasi ke
masyarakat tentang hal – hal/peristiwa apa saja yang sedang terjadi saat – saat
ini. Yang membedakan New Media dengan Traditional Media adalah pen-digitalisasi
konten ke dalam bit. Contohnya, New Media mengulurkan kemungkinan On-demand
akses ke konten kapan saja, dimana saja, pada setiap perangkat digital, serta
umpan balik dari pengguna yang interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan
komunitas di sekitar konten media.
Dapat disimpulkan Pengantar Teknologi Internet dan New Media
adalah penggunaan teknologi modern yang lebih praktis, cepat dan efektif dengan
menggunakan internet dalam pendistribusian sebuah media. Dengan begitu media
apapun bisa dengan mudah disebarkan ke hal layak ramai.
2. Definisi
Pengantar Teknologi Internet dan New Media.
Konsep dasar dari New Media adalah suatu media baru dimana
media tersebut dapat digunakan sebagai perantara antara perangkat digital
dengan manusia. Hal ini secara otomatis dapat membuat kita menjadi lebih
interaktif dalam melakukan suatu interaksi sosial dengan manusia lainnya. New
Media dapat diartikan sebagai suatu media sosial yang mempermudah seseorang
untuk menerima atau memberi suatu informasi. Teknologi yang paling digambarkan
sebagai “media baru” adalah digital, sering memiliki karakteristik yang
dimanipulasi melalui jaringan, padat, kompresibel, dan interaktif. Contoh dari
macam – macam New Media dapat berupa Blog, Website, Situs Jejaring Sosial,
Email, penggunaan aplikasi komunikasi (Line, Path, Whats’ App, Black Berry
Messangger) dll. yang dapat digunakan untuk berinteraksi secara digital.
3. Pandangan New Media
New Media merupakan sarana media baru yang digunakan untuk
melakukan interaksi sosial, percakapan, menyebarkan informasi kepada manusia
lainnya dengan menggunakan berbagai macam alat digital. Smartphone juga
bisa dikatakan sebagai perangkat keras New Media selain komputer PC. Pengguna
Smart Phone dan PC jelas bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dibandingkan
dengan pengguna ponsel biasa yang hanya bisa melakukan komunikasi 2 arah saja,
dimana dengan smartphone dan dengan bantuan koneksi dari internet. Kita dapat
lebih mengetahui berbagai informasi terbaru yang beredar saat ini.
4. Komponen
New Media
Komponen dari New Media yaitu : Handphine, Internet dan
Komputer. Komputer sebagai komponen New Media karena kita membutuhkan alat
untuk mengakses jaringan dalam artian internet. Smartphone bisa dijadikan
sebagai komponen New Media juga karena kita dapat mengakses beberapa situs
jejaring sosial layaknya penggunaan PC dengan bantuan Internet. Internet
dijadikan sebagai New Media karena kita dapat mengakses berbagai informasi
dimanapun, kapanpun kita berada. Karena internetlah kita dapat melakukannya
sementara PC dan Smartphone hanya tool-nya atau alatnya.
Ketiga komponen itu tidak dapat saling dipisahkan, antara Smartphone/komputer
dengan internet. Ketiganya saling berkaitan, dimana kita mengakses internet
menggunakan Smartphone ataupun komputer.
5. Manfaat
New Media
Dengan adanya teknologi New Media sangat jelas dirasakan
bagi kita, manusia yang pada hakikatnya sebagai mahluk sosial untuk mendapatkan
berbagai macam informasi dan melakukan interaksi. New Media tidak membatasi
sumber daya, dan tidak membatasi adanya pengalaman interaktif. Saya pribadi
sebagai pengguna New Media merasakan banyak sekali manfaat yang didapat.
Contohnya kita dapat bertukar informasi yang kita belum tahu atau berbagai
informasi dengan orang lain. Berikut manfaat – manfaat yang kita dapat dengan
menggunakan New Media.
a. Globalisasi
dan media baru
Munculnya
media baru telah meningkatkan komunikasi antara manusia di seluruh dunia. Hal
ini terbukti dengan fakta bahwa new media telah memungkinkan setiap orang untuk
mengekspresikan diri melalui blog, website, gambar, dan user-generated media
lainnya yang kemudian dapat diakses oleh pengguna sarana new media lainnya
secara global.
b. Sebagai alat
untuk perubahan sosial
New Media
sebagai sebuah wadah atau sebagai alat untuk para aktivis dalam menyampaikan
aspirasinya yang bersifat atraktif, mengajak, sesuatu tentang sindiran,
pergerakkan atau perubahan, seni, yang kemudian akan menimbulkan sebuah
perubahan sosial atau gejolak dalam kalangan masyarakat luas. Mereka biasanya
menggunakan sarana website, blog, dan video online untuk menunjukkan efektivitas
dari gerakan itu sendiri.
c. Keamanan
nasional
New Media
juga baru-baru ini menjadi "sasaran" menarik bagi para komunitas
spionase global karena mudah diakses secara elektronik dalam format database
dan dapat diambil dengan cepat yang kemudian mungkin akan direkayasa oleh
pemerintah nasional untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
Sebuah situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, merupakan dua situs
yang menarik bagi para komunitas spionase, karena setiap orang bebas mengungkapkan
informasi pribadi yang kemudian dapat disaring dan diarsipkan untuk melakukan
pengecekkan keamanan nasional.
d. Interaktifitas
dan media baru
Interaktifitas
telah menjadi istilah untuk sejumlah media baru dalam menggunakan pilihan yang
berkembang mulai dari penyebaran cepat jalur akses Internet, hingga
digitalisasi media dan konvergensi media. Pada tahun 1984, Rice didefinisikan
sebagai media baru teknologi komunikasi yang memungkinkan atau memfasilitasi
pengguna-untuk-pengguna interaktifitas dan interaktifitas antara pengguna dan
informasi. New Media akan mengalami perubahan secara terus menerus karena
berbagai faktor seperti selalu diubah dan didefinisikan ulang oleh interaksi
antara pengguna itu sendiri, munculnya teknologi baru yang berkembang,
perubahan budaya, dll
6. Aplikasi
– aplikasi New Media
Banyak
sekali sekarang ini aplikasi – aplikasi yang dibuat sebagai pengantar New
Media. Baik sebagai interaksi maupun penyebaran informasi. Berbagai macam –
macam aplikasi tersebut diantaranya.
a. Facebook
b. Twitter
c. Youtube
d. Wikipedia
e. Blogger.
f. Wordpress
g. Friendster
h. Line
i. What’s App
j. Kakao Talk dll.
7.
Disini saya akan mendefinisikan dari
3 contoh New Media, dimana saya dari fitur dan konten yang ada juga manfaat,
kekurangan dan kelebihannya.
1. Facebook
Facebook adalah jejaring sosial yang didirikan oleh
Mark Zuckerberg dan teman-temannya. Facebook diluncurkan pada tahun 2004. Media
jejaring sosial ini adalah contoh aplikasi yang digunakan untuk berinteraksi
dengan manusia lainnya di seluruh dunia seakan tanpa ada batasan geografi.
Facebook memungkinkan semua orang dapat terdaftar dan menggunakan media
aplikasi ini dengan batasan umur minimal 13 tahun.
2. Twitter
Twitter adalah sebuah situs web mikroblogging yang
memungkinkan penggunannya mengirim atau membaca pesan yang bisa disebut tweets
(kicauan). Pesan dalam mikroblogging ini hanya dibatasi 140 karakter untuk tiap
penulisannya.
3. YouTube
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi
video) populer yang dapat diakses oleh masyarakat dunia yang didirikan pada
Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal, Chad Hurley, Steven Chen
dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006
YouTube memiliki pangsa pasar se besar 43 persen. Para pengguna dapat memuat,
menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube
adalah klip musik, film, TV serta video buatan para penggunanya sendiri. Format
yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di
penjelajah web yang memiliki plugin Flashplayer.
Komentar
Posting Komentar