Web dan Perilaku Pengguna
Web dan perilaku Penggunaan
Adalah sebuah hubungan antara manusia
dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan
tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka
(interface).
Perilaku Navigasi
pada suatu situs (jual beli khususnya)
penggunaan navigasi yang baik sangat penting untuk dilakukan bagi para pembuat
online. Para pembuat situs website tersebut harus bisa membuat suatu navigasi
agar pengunjung situs tersebut tidak bosan dengan melihatnya. Ada dua tipe
navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan overview dan peta
penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian
atas, samping atau footer.
Yang kedua adalah navigasi versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya: kategori buku, di-drilldown dengan topik IT dan Marketing, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi dengan reviewed by NavinoT. Calon pembeli pun akan sampai pada apa yang benar-benar dia cari.
Yang kedua adalah navigasi versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya: kategori buku, di-drilldown dengan topik IT dan Marketing, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi dengan reviewed by NavinoT. Calon pembeli pun akan sampai pada apa yang benar-benar dia cari.
Permasalah dalam kaitan dengan:
1. Para pemakai interface
website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran- lembaran pada
situs.
2. Struktur lokasi tidak
dapat ditemukan.
Pemakai interface situs seharusnya
diberikan suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang
dari informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
1. Tabel
Index (Peta Lokasi)
2. Index
3. Navigasi
4. Fasilitas
Pencarian (Search)
Perilaku Pencarian
Fitur pencarian internal tentunya telah
di desain dengan batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya Anda akan
semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola
pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.
Dalam kasus seperti diatas kita ingin
membandingkan 2 situs jual beli online dimana kita liat dari navigasi dan
pencarian yang terdapat didalam situs web tersebut.
Seperti kasus diatas kita membandingkan
2 situs jual beli online yang dimana kita dapat melihat perbedaan dari navigasi
dan pencarian yang terdapat didalam situs web tersebut. Tokobagus.com merupakan
salah satu website atau situs belanja online (e-commerce) yang besar dan
terkenal di Indonesia. Website ini masih memiliki accessibility yang belum
terpenuhi, sebab penggunaan bahasa pada website ini masih menggunakan bahasa
Indonesia, padahal apabila ada translate khusus tiap-tiap negara akan membuat
website ini lebih banyak dikunjungi oleh para konsumen lokal maupun asing.
Penempatan menu yang terstruktur dan berposisi di pojok kanan atas membuat
website ini terlihat menarik dan indah dilihat. Menurut saya, website ini sudah
memiliki prinsip available, sebab menu yang mereka tampilkan sudah tersedia
semua di tampilan awal, jadi para pengunjung atau konsumen di beri kemudahan
dan tidak dipersulit untuk membukanya ke halaman yang lain. Kejelasan pada
website ini sudah tidak diragukan lagi, karena adanya penjualan online
(e-commerce) di Tokobagus.com. Website Tokobagus.com dapat di akses oleh
beberapa browser seperti Mozila Firefox dan Google Chrome tanpa adanya
perubahan sedikitpun didalamnya, karena website ini diatur oleh admin, jadi
penggunaan tidak bisa dipersonalisasi oleh user.
Web merefleksikan perilaku social
Web dapat merefleksikan perilaku sosial
masyarakat dengan menggunakan IP address masyarakat mudah untuk mengakses situs
– situs seperti penjualan online, media sosial yang akan mempengaruhi perilaku
sosial mereka. Sebagai contoh yang sering terjadi yaitu seseorang yang sering
mengakses media sosial seperti facebook, jika orang tersebut mempunyai moral
& kepribadian yang tidak baik, awalnya orang tersebut mengajak kenalan dan
berpura – pura akrab kemudian orang tersebut mengajak ketemuan lalu
menculik korbannya seperti yang marak sering terjadi saat ini.
Web mempengaruhi perilaku sosial
Dampak positif diantaranya adalah:
1. Informasi yang ada di masyarakat
dapat langsung dipublikasikan dan diterima oleh masyarakat.
Sumber informasi tidak hanya berasal
dari satu orang saja. Dalam masyarakat, semua orang dapat menjadi sumber
informasi. Setiap orang dapat saling bertukar informasi satu sama lain.
Informasi itu pun menyebar sampai kepada seluruh lapisan masyarakat dengan
cepat melalui media-media TIK yang ada.
2. Hubungan sosial antar
masyarakat dapat berlangsung dimana saja dan kapan saja.
A berada di kota Bandung dan B berada
di kota Makassar. Mereka berkomunikasi melalui ponsel. Mereka saling
mengabarkan kondisi satu sama lain dan saling bertukar cerita. Itulah sedikit
gambaran pemafaatan TIK dalam hubungan interaksi sosial. Walaupun berjauhan dan
berada dalam zona waktu yang berbeda, mereka tetap dapat berkomunikasi dan
saling bertukar informasi.
3. Sosialisasi kebijakan
pemerintah dapat lebih cepat disampaikan kepada masyarakat.
Peraturan pemerintah serta kebijakannya
dapat keluar pada waktu yang tidak dapat diprediksi. Masa berlakunya pun kadang
bersifat tentatif. Masyarakat pun sering dibingungkan oleh masalah ini. Karena
keterlambatan info, masyarakat dirugikan oleh hal ini. Oleh karena itu,
publikasi kebijakan serta peraturan pemerintah memerlukan media TIK, misalnya
televisi, radio dan internet. Dengan begitu, masyarakat dapat dengan mudah dan
cepat mengetahui peraturan dan kebijakan pemerintah yang sudah maupun baru
keluar.
4. Tumbuhnya sikap percaya diri dan
motivasi tinggi.
Masyarakat memiliki rasa percaya diri
yang tinggi dengan adanya TIK. Hal ini dibuktikan dari fakta-fakta yang ada di
dunia maya, misalnya jejaring sosial. Mereka berani tampil secara terbuka, baik
kepada orang yang dikenalnya bahkan yang tidak kenal sama sekali. Mereka
mengekspos pribadinya dengan memberikan informasi-informasi yang sedang
terjadi, baik itu penting atau tidak. Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan
dan menyampaikan info terkini, hal ini juga dapat memperlihatkan tingkat
kompetensi antar individu pun semakin besar.
5. Adanya “share” budaya antar daerah.
Kebudayaan dimiliki oleh setiap
kelompok dari setiap daerah dalam setiap bangsa. Tidak hanya dengan penampilan
atau pertunjukkan saja budaya itu dipublikasikan. Dengan TIK pun, antar
kelompok masyarakat dapat menyampaikan kebudayaan yang dimiliki oleh
masing-masing untuk kemudian dipelajari dan dilestarikan. Tidak hanya dalam
satu Negara, tetapi dapat juga antar Negara.
Dampak negatif :
1.Meluasnya Perjudian
2.Mengurangi sifat sosial manusia
karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu
langsung.
3.Pola interaksi berubah
4.Mudah belanja lewat internet
mengakibatkan budaya konsumsi yang menimbulkan keborosan.
5.Munculnya pornografi/konten konten
dewasa.
6.Maraknya kejahatan via dunia maya
dll.
Struktur web dan Analisa web
Struktur website
Yang paling penting ketika membuat
sebuah situs web adalah desain konseptual, atau lebih tepatnya penampilan.
Selain teks, situs itu sendiri juga harus memiliki grafis yang sangat baik,
grafis harus dirancang sedemikian rupa sehingga ketika seseorang mengunjungi
situs pertama melihat tata letak grafis nya. Dari latar belakang, header,
konten footer dan semua harus diperlakukan sebagai desain web grafis adalah
seni menciptakan sebuah website itu sendiri harus terlebih dahulu dari semua
terlihat sangat bagus. Dalam program Adobe CS5 Fireworks, Anda dapat melakukan
penampilan grafis seluruh website Anda. Setelah Anda mendapatkan ide segera,
dan kadang-kadang baginya untuk menjadi dan satu hari. Segala sesuatu yang Anda
bisa memikirkan, dan segera menarik lebih ditarik template Anda akan mendapatkan
yang asli.
Social Network
Jejaring sosial adalah suatu struktur
sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau
organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti
nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Analisis jaringan jejaring sosial
memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor
individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor
tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam
berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial
beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan
memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan
organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai
tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana,
suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar
simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan
modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram
jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis
penghubungnya.
Blog
Blog merupakan singkatan dari web log
adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai
posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat
dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih
lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat
diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si
pengguna blog tersebut.
Pengukuran web
Di bawah ini ada beberapa tools yang
digunakan untuk mengukur website dari segi kecepatan akses dan performanya,
serta mengukut banyaknya pengunjung suatu website, berikut ini penjelasan
mengenai beberapa tools yang digunakan untuk mengukur kecepatan akses website.
1. Pingdom Tools merupakan sebuah alat
ukur kecepatan website dapat di akses, nilai dari sebuah website,
dan berapa ukuran dari sebuah website tersebut. Beberapa kelebihannya di
kategorikan sebagai berikut :
1.Performance Grade : melihat nilai
kecepatan performa halaman web, dari akses DNS, browser cache, combine external
css dan lain-lain.
2.Waterfall : melihat detail kecepatan
akses ketika membuka halaman web, dari gambar bahkan sampai seberapa cepat
script tersebut dapat di akses.
3.Page Analysis : melihat detail
analisa halaman web.
4.History : melihat detail akses dari
beberapa hari lalu.
Kekurangan yang terdapat pada tools
ini, sama seperti tools alat ukur akses web pada umumnya yaitu Membutuhkan
akses internet yang stabil, karena tidak mungkin kita bisa mengukur kecepatan
akses suatu website kalau akses internet kita terhadap website tersebut tidak
stabil/berjalan dengan baik.
2. GTmetrix adalah website untuk
menganalisa kecepatan web yang tersedia secara gratis, dengan menggunakan
google page speed dan Yahoo Yslow sebagai analyze engine dan untuk menampilkan
hasil serta rekomendasi yang harus dilakukan.
Dengan GTmetrix juga dapat
membandingkan beberapa URL sekaligus dan jika mendaftar sebagai anggota maka
dapat:
1.Melihat tes sebelumnya untuk
membandingkan hasilnya
2.Menjadwalkan cek website secara
otomatis
3.Menyimpan laporan
4.Memilih hasil laporan untuk
ditampilkan kepublic atau tidak
Kelebihan GTmetrix :
1.Dapat menggunakan google page speed
dan YSLOW sebagai analyze engine
2.Dapat membandingkan beberapa URL
sekaligus
3.Menjadwalkan cek website secara
otomatis
4.Dapat menyimpan laporan
5.Memilih hasil laporan untuk
ditampilkan kepublic atau tidak.
Kekurangan GTmetrix :
1.Jika menggunakan GTmetrix harus
menggunakan internet yang cepat.
3. Alexa Rank
Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan
yang berbasis di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan
informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Alexa
Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Cara
kerja Alexa rank Alexa memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah
pengunjung unik. Semakin rendah alexarank dari situs berarti situs memiliki
sedikit pengunjung unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke
situs Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.
Kelemahan Alexa:
1.Jika pengguna internet (pengakses
situs anda tidak menginstal Alexa Toolbar di browsernya) maka sekalipun
ada 1000 pengunjung situs anda dalam sehari, Alexa akan tetap menilai
situs anda tidak ada pengunjungnya.
2.Jika dalam sehari ada yang mengakses
situs anda 20 kali dengan alamat IP(Internet protocol) yang sama, maka
akan dianggap situs anda hanya dikunjungi oleh 1 satu orang hanya dapat
poin 1, akan berbeda jika situs anda dikunjungi oleh 20 orang dengan
alamat IP berbeda (unik) maka situs anda akan memperoleh nilai 20 (nilai
ini hanya pengandaian, Alexa mempunyai formula sendiri
dalam menentukan nilai sebuah web) .
Kelebihan Alexa :
1.Alexa rank akan menampilkan tingkat
popularitas dari sebuah situs web yang dibandingkan dengan web milik
kita,termasuk jangkauan,tampilan halaman,dan masih banyak lagi.
2. Pencarian analisa akan
menampilkan kepada kita yang merupakan syarat untuk kita untuk berkompetisi
untuk mendapatkan sebuah traffic 3.Data pengunjung akan menampilkan kepada kita
apa yang menarik dari website kita yang dilihat oleh pengunjun – pengunjung
website kita 4.Data clickstream akan menampilkan kepada kita sebagai pemilik
website dimana dalam mendapatkan traffic dari program keanggotaan dan
kemitraan.
Search Engine
Mesin pencari atau Search engine adalah
program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas
yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group
dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search
engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang
tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang
seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas
suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian
bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web,
gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga
diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu
basisdata ataupun direktori web.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan
oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata
tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search dan
Yahoo!). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber
terbuka (open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS
Web Arsip
Pengarsipan web merupakan salah satu
bagian dari Portal Web Perpustakaan Digital Nasional RI. Pengarsipan web adalah
proses mengumpulkan cuplikan-cuplikan website dan memastikan koleksi tersebut
terpelihara dalam satu situs web arsip. Pengarsipan web dilaksanakan untuk
memenuhi kepentingan peneliti, sejarawan, dan publik di masa depan. Sehubungan
dengan ukuran Web yang masif, maka digunakan program aplikasi web crawler yang
bekerja secara otomatis untuk mengembangkan koleksi arsip situs web. Situs web
yang diarsipkan utamanya yang memiliki content ilmiah atau mengemukakan sisi
intelektualitas suatu objek yang dikemukakan melalui media situs web.
Tujuan utama dibangunnya Perpustakaan
Digital Nasional adalah mewujudkan koleksi nasional yang dapat diakses secara
cepat, akurat dan merata oleh pemustaka. Secara strategis, tujuan pembangunan
Perpustakaan Digital Nasional adalah:
1.Meningkatkan akses ke sumberdaya
informasi tersedia dan layanan perpustakaan yang diselenggarakan oleh seluru
perpustakaan yang tergabung dalam jaringan (resource sharing);
2.Mempromosikan pemahaman dan kesadaran
antarbudaya dalam lingkup nasional, menyediakan sumber belajar, mendorong
ketersediaan bahan pustaka dan informasi yang mengandung nilai budaya setempat
(local content);
3.Melestarikan sumber informasi tentang
Indonesia;
4.Mendukung penelitian ilmiah melalui
pemanfaatan akses Internet.
Crawler
Focused Web Crawler merupakan
suatu web crawler yang bertujuan secara selektif mencari halaman-halaman
web yang relevan dengan himpunan topik tertentu yang telah didefinisikan
sebelumnya sehingga crawler tidak mencari seluruh web secara mendalam. Focused
Crawler memanfaatkan aturan-aturan keputusan berdasarkan pada analisis isi,
struktur link dan teks anchor untuk menjaga agar crawler fokus pada topik
tertentu, seperti ”bersepeda” atau ”HIV”. Di sisi lain, web crawler juga dapat
difokuskan pada target format dokumen atau non-dokumen tertentu (PDF, Doc,
audio dan video).
Heuristik berdasarkan 4 hipotesis
dapatb dilibatkan untuk membangun suatu focused crawler terhadap jenis-jenis
media terterntu. Keempat hipotesis tersebut adalah (H1) ekstensi file dari
bagian FILE dari suatu URI menunjukkan jenis media dari file tersebut. (H2)
komponenPATH dari suatu URI menunjukkan jenis media dari file tersebut. (H3)
file header Content-type menunjukkan jenis media dari file. (H4) Posisi dari
link did alam suatu dokumen HTML menunjukkan jenis media dari target link.
Kinerja dan efisiensi dari suatu
focused crawler sangat ditentukan oleh strategi untuk menentukan urutan dari
pemrolehan (retrieval) halaman-halaman web. Telah ada suatu topical crawler
terintegrasi bernama AuToCrawler yang terdiri dari modul spesifikasi
ketertarikan pengguna yang menghubungkan pengguna ke search engine untuk
mengidentifikasi contoh halaman target dan kata kunci untuk menetapkan topik.
AutoCrawler mengurutkan daftar URL dengan mengkombinasikan fitur dari
pendekatan grafik conteks yang diintegrasikan denganpredictor yang mampu
mempelajari isi teks, teks anchor, token-token URL dan kata kunci). Strategi
BFS, tunnelling dan relevance feedback juga digunakan untuk mengatur fokus
penelusuran selama proses crawling.
Kemudian juga telah ada focused crawler
bernama Topic-based Intelligent Crawler (TIC) . Pada TIC setiap halaman
web baru yang didownload oleh crawler dibandingkan dengan seed untuk mengetahui
relevan tidaknya halaman baru dengan suatu topik. Satu siklus lengkap dari
proses ini terdiri dari empat tahapan penting. Pertama dilakukan identifikasi
terhadap halaman-halaman hub yang berasosiasi dengan halaman seed. Kedua,
halaman seed dan hub-hubnya dibersihkan dan kemudian informasi teks murni di
dalamnya diekstrak. Ketiga adalah mengidentifikasi topik untuk setiap halaman
dan langkah terakhir adalah menemukan hub-hub dengan topik yang mirip
dengan halaman seed tersebut.
Focused web crawler berbasis ontology
juga telah ada, sebagian besar bekerja dengan mengestimasi isi semantik dari
suatu URL berdasarkan pada suatu ontology bergantung domain, dalam rangka
mendukung metode yang digunakan untuk menentukan prioritas antrian URL. Crawler
memelihara suatu antrian URL yang telah dikunjungi pada setiap tingkatan, dan
kemudian memilih dari antrian ini, URL berikutnya untuk dikunjungi berbasarkan
pada ranking konseptual dari halaman pada level tersebut diperoleh dari
ontology domain. Crawler yang dibangun untuk suatu domain khusus tentu tidak
dapat digunakan untuk menghimpun halaman-halaman dari domain lain.
Komentar
Posting Komentar