Ekonomi Web



Penggunaan teknologi Internet membuat segalanya menjadi  mudah, apalagi untuk menggunakannya tidak harus mengeluarkan banyak uang. Karena itulah penggunaan internet pun diaplikasikan pada bidang perekonomian. Dengan begitu jarak dan waktu bukanlah hal yang dapat membatasi penjual dan pembeli.
Kali ini saya akan membahas tentang penggunaan internet pada bidang ekonomi atau di istilahkan ekonomi web, guna menyelesaikan tugas softskill saya dan saya adalah mahasiswa 2IA13 angkatan 2012. Apa saja yang terkait dengan ekonomi web…?

Iklan
Iklan merupakan cara untuk memperkenalkan barang, lowongan kerja, inspirasi, dan maklumat  kepada khalayak ramai. Sebagai salah satu cara pengaplikasian ekonomi, iklan dapat mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat, seperti :
·        Memberi keuntungan kepada agen iklan.
·        Mempublikasikan informasi lowongan kerja.
·        Industry periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjajikan.
·        Seiring dicanangkannya industry kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
·        Saat krisis ekonomi 1998, industry periklanan merupakan satu – satunya industry yang cepat keluar dari keterpurukan.
·        Meningkatkan pemasaran produk.
     Pencarian
Pada umumnya pecarian dilakukan melalui penjualan online. Yakni mencari calon pembeli sampai menawarkan produk dengan memanfaakan jaringan internet. Berikut pengaruhnya…
·    Kehadiran e-comerce yang terus berkembang, lambat laun akan merubah kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi. Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual / membeli apapun menggunakan internet. Ruang dan waktu bukan lagi menjadi kendala mereka. Sebuah perusahaan Indonesia memiliki kesempatan yang sama dengan kalangan bisnis asing untuk menjalin kerjasama atau ingin mengakses pasar mancanegara.
·   Seseorang lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online. Saat ini banyak sekali situs yang menyediakan jual beli onlie, seperti Tokobagus.com, Berniaga.com, bahkan kita bisa melakukannya dengan facebook, blogger, kaskus, twitter dan lain sebagainya. Dengan adanya internet kita tidak perlu repot lagi untuk pergi jauh – jauh. Tinggal pesan saja baik secara kredit maupun cash.
·     Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industry baik dari aspek teknologi industry maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar – besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia perekonomian. Di masa depan dampak perkembangan teknologi di dunia industry akan semkain penting. Tanda – tanda telah menunjukan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi.
      Online Auctions (Pelelangan Online)
Pelalangan Online adalah mekanisme pasar dimana penjual menawarkan produk dan pembeli melakukan penawaran secara berurutan dengan kompetitif hingga harga tertinggi dicapai. Pelelangan Online menerapkan konsep dynamic pricing, yakni harga yang berubah berdasarkan pada hubungan penawaran dan permintaan pada waktu tertentu. Terdapat 4 kategori utama dynamic pricing, yakni :
a.     Satu pembeli, satu penjual
b.     Satu penjual, banyak pembeli potensial
c.      Satu pembeli, banyak penjual potensial
d.     Banyak penjual, banyak pembeli
Banyak manfaat yang didapat dengan melakukan pelelangan secara online, dan dibagi menjadi 3 bagian yakni…
a.     Manfaat bagi penjual
· Meningkatkan pendapatan dengan memperluas pasar dan mempersingkat waktu.
·        Menetapkan harga optimal yang ditentukan oleh pasar.
·        Meningkatkan hubungan dan loyalitas pelanggan.
b.     Manfaat bagi pembeli
·        Kesempatan untuk menemukan barang yang dicari mudah.
·        Hiburan bagi pembeli.
·      Pembeli bisa menawar dari manapun.
c.      Manfaat bagi pelelang
·        Pembelian yang lebih tinggi
·        Pembeli cenderung berkunjung lebih lama dan lebih sering.
·        Ekspansi bisnis lelang

Sumber : http://nothingbutinspire.wordpress.com/2014/06/08/analisis-web-dan-ekonomi-web/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arsitektur web dan aplikasi utamanya

Kebudayaan Lembah Indus