Desain Pemodelan Grafik



Pengertian Desain Pemodelan Grafik


Desain Pemodelan Grafik adalah suatu kegiatan untuk merancang suatu model atau objek yang akan disajikan dalam bentuk gambar(visual). Desain Pemodelan Grafik juga berperan penting dalam IMK (Interaksi Manusia dan Komputer), ini terlihat pada menu, icon, kotak dialog, dan kotak isian (formulir). Melalui desainnya seorang pengguna dapat memahami maksudnya. Dalam merepresentasikan sebuah desain pemodelan grafik, kalian pasti sudah paham kalau kita membutuhkan sebuah software tentunya seperti blender, openspace 3D, 3D Max dan software – software 3D lainnya.

Desain Pemodelan Grafik di jaman sekarang ini erat kaitannya dengan desain di computer, karena kebutuhan akan desain pun telah berevolusi seirjng berkembangnya teknologi, sehingga banyak bermunculan software – software desain grafis yang tidak hanya mencakup objek 2D tapi juga 3D. Sebuah konsep/ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan dalam bentuk visual.


Sejarah Desain Grafis
Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul “New Kind of Printing Calls for New Design” yang ditulis oleh Willian Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika. Raffe’s Graphic Design, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan istilah Desain Grafis pada judulnya “The Signage in the London Underground” adalah contoh desain klasik pada abad modern yang menggunakan jenis huruf yang dirancang oleh Edward Johnston pada tahun 1916. Desain Grafis pada awalnya diterapkan untuk media – media statis seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Prinsip dan Unsur
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur – unsur tersebut (ternasuk shape, bentuk, tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip – prinsip dasar desain visual. Prinsip – prinsip tersebut seperti keseimbangan, ritme, tekanan, proporsi, dan kesatuan, kemudian membentuk aspek structural komposisi yang lebih luas, vector dan bitmap merupakan cara computer menampilkan desain tersebut.
Vektor
          Vektor disusun oleh objek geometris berdasarkan perhitungan matematis. Vektor tidak bergantung kepada resolusi gambar sehingga jika gambar vektor dibesarkan (zoom in) ataupun dikecilkan (zoom out) tidak akan mengalami kerusakan (blur).ukuran penyimpanan pada vektor relatif kecil sehingga vektor cocok untuk logo dan jenis desain yang mengandalkan kesederhanaan bentuk. Format penyimpanan pada vektor bisa berupa AI, CDR, FH ataupun EPS. Kelebihan grafik vektor antara lain yaitu ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien, objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya, dapat dicetak pada resolusi tertingi printer anda, menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan. Sedangkan kekurangan grafis vektor yaitu tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap. Program yang digunakan adalah CorelDraw, Adobe Illustrator, dan Macromedia Freehand.
Bitmap
          Bitmap disusun oleh objek yang disebut pixel. Bitmap bisa juga disebut sebagai raster. Bitmap sangat bergantung kepada resolusi gambar sehingga jika mengalami perbesaran atau perkecilan gambar akan blur (jika melewati batas toleransi tampilan). Bitmap digunakan untuk gambar yang kompleks seperti foto hasil bidikan kamera sehingga ukuran penyimpanan bitmap relatif besar. Format penyimpanan pada bitmap yaitu PSD, TIF, JPEG, GIF, BMP. Kelebihan grafik bitmap antara lain yaitu dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan, dapat menghasilkan objek gambar bitmap dari objek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan. Sedangkan kelemahan nya yaitu objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar, efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah. Software yang digunakan adalah Adobe Photoshop, Corel Photopaint, MS Paint.
Referensi :
http://www.andi0309.blogspot.com/2012/01/pengertian-desain-pemodelan-grafik.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arsitektur web dan aplikasi utamanya

Kebudayaan Lembah Indus